Rabu, 11 Mei 2011

Trip to Madakaripura (minggu, 8 Agustus 2010)

Madakaripura merupakan air terjun yang terletak di kawasan Kabupaten Probolinggo, dimana keberadaannya dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo. lokasinya di desa Sapeh, dekat desa Lumbang. Lokasi air terjun ini tak jauh dengan lokasi gunung Bromo.
Ada beberapa jalan yang dapat digunakan untuk mencapai lokasi. antara lain lewat jalan Tongas maupun lewat jalan Soekarno Hatta probolinggo. Saya sarankan lebih baik lewat probolinggo, karena aksesnya lebih mudah, dan jalannya lebih bagus.
dari jlan soekarno hatta, lurus saja, sampai melewati pasar muneng. nanti ada papan penunjuk jalan ke kanan, belok kanan. setelah itu, ikuti jalan saja. setiap ada belokan, pasti ada papan penujuk arah, jadi anda tidak perlu takut nyasar.

 perjalanan dari Probolinggo-madakaripura memakan waktu sekitar 1 jam.
harga tiket masuk sangat murah, hanya Rp.3000,00 saja.
mobil tidak bisa masuk sampai ke dalam, hanya diparkir di area kedatangan. Selanjutnya anda harus berjalan untuk sampai ke air terjun. jaraknya sekitar 1km.
saya sarankan, jangan membawa apapun kecuali uang kecil untuk sewa payung, beli gorengan, beli tas plastik.  karena medan agak sulit, dan basah, anda harus melewati sungai berbatu dan licin, serta beberapa jurang kecil.
Akan tetapi disamping itu,anda juga dapat melihat pepohonan tinggi menjulang yang sangat rimbun. sungguh  kuasa Allah yang tak terkira.
dibeberapa tempat juga terdapat ibu-ibu berjualan gorengan (pisang goreng, tahu goreng, weci) hanya Rp. 500,00 .
setelah berjalan sekitar 20 menit, anda akan sampai di kawasan air terjun kecil.
ada beberapa air terjun, dan kita harus lewat di bawahnya.
mau atau tidak, kita harus basah2an...


setelah itu, baru kita sampai ke air terjun utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar